Selasa, 20 Desember 2011

KELOMPOK VOKAL I : "a - अ" dan "aa - आ "

,
Nah sekarang kita sudah masuk materi yang sesungguhnya. Untuk mempermudah kita belajar dan mengingat maka kita akan bahas vokal dan konsonan dalam beberapa kelompok. Dalam blog ini penulisan terjemahan dengan huruf Romawi ABC disesuaikan sedemikian rupa untuk memudahkan pengucapan dan pemahaman.

Selanjutnya sebelum masuk lebih jauh ke materi, ada yang harus diperhatikan bahwa vokal aksara Devanagari mempunyai dua bentuk yaitu bentuk saat berdiri sendiri dan saat bergabung dengan konsonan.
Kelompok vokal yang pertama adalah "a - " dan "aa - ".
Sekarang perhatikan
" "
a

aksara ini seperti gabungan dari angka 3 dan huruf T yang disambung garis pendek ditengah. Pengucapannya sama persis dengan huruf "a" Romawi ejaan bahasa Indonesia yaitu pendek misalnya ayah, aku, dan lain-lain.  Aksara  "a - " adalah aksara yang istimewa karena tidak mengubah penulisan konsonan artinya jika aksara ini digabung dengan konsonan maka tidak ada modifikasi dalam penulisan konsonan. 
Bingung??? Mari kita lihat contoh dibawah ini. 
मस्ते 
                                                                      na  mas    te
Aksara "na " dan "ma   "adalah seperti itu penulisannya saat berdiri sendiri. Penggabungan aksara " a - " tidak mengubah penulisan dari kedua konsonan tersebut. Masih tetap bingung?? Jangan khawatir, selesai bab ini inshaAllah kebingungan kita akan hilang.

Selanjutnya vokal yang kedua adalah 
 " आ "
"aa"

Penulisan aksara ini seperti angka 3 yang dihubungkan garis pendek tengah dengan 2 huruf T. Yang membedakan dengan "a - " adalah satu lagi garis dibelakang.
Bagi yang pernah belajar bahasa Arab maka pengucapan "a - " adalah satu ketukan dan "aa - ".dua ketukan maksudnya pengucapan "aa - ". lebih panjang. Perhatikan contoh kalimat di bawah ini
आपका नाम क्या है?
                                                            aapka      naam     kya   hai (siapa nama Anda?)
perhatikan  "aa - " pada kata "aap - आपका" dan "naam - नाम" . Pada "aap - आपका " aksara "aa - "  berada sebagai huruf awal yang tidak didahului penulisan konsonan. Perhatikan sekali lagi bahwa tidak ada perubahan penulisan  "aa - " saat berdiri sebagai huruf awal.
Sekarang perhatikan pada kata  नाम , posisi aksara  "aa - " digabung dengan konsonan sehingga penulisannya dimodifikasi dengan penambahan simbol . Mari kita bandingkan dengan contoh sebelumnya

मस्ते  dan  ना
                                                                namaste              naam
"na " dan "naa ना"pada naam berbeda satu garis saja dibelakang konsonan. Sudah jelas perbedaan pemakaian  "a - "  dan  "aa - " .
Jadi saat   didahului dengan konsonan maka penulisan "aa - " dimodifikasi dengan menambahkan simbol   pada akhir konsonan. Sedangkan penambahan "a - "  tidak mengubah penulisan konsonan.



12 komentar to “KELOMPOK VOKAL I : "a - अ" dan "aa - आ "”

  • 18 Desember 2012 pukul 08.28

    bahasa india tu susahnya dalam tulisannya saja

  • 31 Desember 2012 pukul 04.14
    Elianah says:

    Ditunggu postingan selanjutnya.... :)

  • 23 Januari 2013 pukul 08.34
    Aura says:

    Namaste... I'm aura and I'm 14 years old. I really interested with Hindi language (and the country ofc :p) since I watched darsheel safary's first movie titled "taare zameen par" on 7th of January 2013. Since that day I'm so in love with darsheel. I can't stop thinking of him, I promise to myself that one day I will fly to India and meet darsheel (I swear to god. My friends heard my promise tho) to be in India isn't that easy right? We can use English there but some Indians are cannot speak English, so I need to know about their language. I learn Hindi from google translate but it's not working to me u know. I keep confused because I wasn't start from the first step. I asked my mom "where can I find Hindi language course?" My mom said, "googling" and after that she tells me a story about her friend named... I-was-forget who comes from India. I told my mom that I wanna meet him but she just smiling. I'm googling for about an hour but I cannot find the course place. It seems like jakarta only need Korean, English, mandarin, Japanese, German languages. I know there's a lot of people who wants to learn Hindi language. Especially me who tried to reach a dream to meet darsheel safary. And since I found your blog, I decided to learn Hindi from the Internet. But too bad, youre stop posting the new post.. Why?:( I keep waiting for your new post ma'am. And btw I hope my daddy would allows me to learn Hindi.. I also joined english course, he's afraid I will be so frustrated with those devanagari alphabets or something like that. And would you kindly please Pray to me so I can meet darsheel? Hehehe ok that's all I wanna say. I think it's the longest comment you ever seen. I keep waiting for the new post <3

    *nb: sorry for the wrong sentences I don't use google translate. My daddy said I have to speak or type English by my own..*

  • 3 Februari 2013 pukul 08.54
    Dajun says:

    Blog Bagus....

    Kalau gini isinya Baru Mantap....
    Lanjutkan Sob....
    Ditunggu.... hehee =D

  • 25 Februari 2013 pukul 04.31

    wah, ada blog ini ternyata, pantesan mau bikin blog pake nama ini gabisa, udah ada yg punya ternyata, hehehe...
    salam kenal.
    silakan mampir juga ke blog bahasa india saya ya.
    www.belajarbahasaindia.blogspot.com

    ayo belajar bareng2.
    btw buat Idk Man, I'm Canadian, setujuuuu...Darsheel Safary keren banget.
    udah nonton film-filmnya yang lain?
    Bumm Bumm Bole sama Zokkomon :)
    Mampir ya ke blog saya, hehe...

  • 17 Maret 2014 pukul 07.59
    Unknown says:

    ingin sekali bisa berbahasa hindi :) .makasih ini :)

  • 1 Juni 2014 pukul 20.22
    Unknown says:

    kalau huruf a-z di India gimana ya kak?
    www.duniawisataku.com

  • 22 Desember 2014 pukul 21.02
    Unknown says:

    mntapp .. lnjutkan .. (y)

  • 4 April 2015 pukul 21.12
    FH says:

    jadi benar2 minat untuk bisa bahasa hindi..

  • 15 Januari 2016 pukul 07.01
    Tasya says:

    Iya....Klo huruf india A smpe Z gmna? aq udh cpek nyarinya di google tpii gk dpet

  • 12 Juli 2018 pukul 01.33
    Unknown says:

    Trma kzh atz bntuanx
    Zzh zkli bljr mnlz dlm bhza Hindi buat tngn zya pgl zma...
    Hehehe tp zya tdk akn mnyrh utk mmpljrix trm kzh zdh mmbntu zya..

  • 12 Juli 2018 pukul 01.34
    Unknown says:

    Trma kzh atz bntuanx
    Zzh zkli bljr mnlz dlm bhza Hindi buat tngn zya pgl zma...
    Hehehe tp zya tdk akn mnyrh utk mmpljrix trm kzh zdh mmbntu zya..

Posting Komentar

 

BELAJAR BAHASA HINDI Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates